Recent in Sports

LightBlog

Senin, 11 Juni 2018

Cara Membedakan Kanker Paru paru dan TBC

Cara membedakan kanker paru paru dan TBC - Mengenai masalah penyakit terkait penyakit paru-paru memang sulit untuk diprediksi apakah ini termasuk kepada kanker paru paru atau TBC. Pada umumnya kanker paru paru dan TBC memiliki gejala yang hampir sama sehingga akan sulit untuk membedakan kedua penyakit tersebut.

Kanker Paru-paru

Kanker paru paru merupakan kondisi dimana adanya suatu sel kanker yang terdapat pada paru-paru yang semakin bertambahnya waktu semakin besar dan jika tidak segera melakukan pengobatan akan menyebabkan metastasis atau kanker akan menyebar ke organ lain dan sulit untuk disembuhkan jika hal ini terjadi.

Adakalanya penyakit kanker paru-paru memiliki gejala yang hampir sama dengan tbc seperti kesulitan bernafas, batuk berkepanjangan hingga mengeluarkan darah, berat badan menurun tanpa alasan yang jelas.

Untuk membedakan penyakit kanker paru-paru memerlukan adanya pemeriksaan fisik atau fhoto thorax. Setelah pemeriksaan dilakukan nanti hasilnya akan terlihat jika terdapat suatu benjolan yang cukup membesar ini diindikasikan sebagai penyakit kanker paru-paru.

Hal yang membedakan lainnya dapat kita lihat dari usia. Penyakit kanker paru-paru biasanya menyerang pada usia diatas 45 tahun terutama jika seorang perokok aktif sedangkan TBC menyerang pada semua usia baik anak-anak, remaja, dewasa, atau lanjut usia.

TBC ( Tuberculosis)

TBC atau Tuberculosis merupakan salah satu penyakit paru-paru yang mudah menular yang diakibatkan adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis yang ditularkan melalui paparan udara yang dihasilkan oleh orang yang terinfeksi tb melalui bersin, titik air liur, dan jika hal ini terhirup oleh orang yang berkeadaan normal dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan memudahkan bakteri masuk kepada orang lain.

Gejala dari penyakit TBC diantaranya sesak nafas, demam, kehilangan nafsu makan, batuk berdahak selama 21 hari bahkan dapat dibarengi darah, berat badan menurun tanpa alasan yang jelas.

Untuk membedakan penyakit TBC dapat dilakukan dengan rontgen dada, tes dahak, dan tes darah. Hal ini akan membuktikan jika terdapat bakteri Mycobacterium tuberculosis diagnosa ditegakkan bahwa hal ini merupakan salah satu penyakit TBC atau Tuberkulosis.

Itulah informasi yang kami paparkan mengenai Cara Membedakan Kanker Paru paru dan TBC semoga bermanfaat untuk Anda.

Terimakasih atas kunjungan Anda
By : Cara Membedakan Kanker Paru paru dan TBC

Baca juga : Pengobatan Kanker Paru paru Kualitas Tinggi

Artikel yang terkait :

0 komentar:

Posting Komentar